Pidato Kenakalan Remaja

Tuesday 29 March 2011


Assalamu’alaikum Wr Wb Yang terhormat Bapa Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, Serta teman-teman yang saya sayangi. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat walafiat. Dan kita disini untuk membahas tentang kenakalan remaja yang marak terjadi disekitar kita.
Dan tidak lupa shalawat serta salam mari kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan safaatnya di Yaumul Kiamah Allahhumma amin……

Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang melalui masa kanak-kanak, namun belum cukup matang untuk dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi. Sejak kapan masalah kenakalan remaja mulai disoroti? Masalah kenakalan remanja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal pada tahun 1899 di Illionis, Amerika Serikat. Jenis-jenis kenakalan remaja yaitu:

• Penyalah gunaan Narkoba
• Tawuran antar pelajar
 • Seks bebas Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja yaitu:
 • Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan.
• Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan kenakalan tersebut.
• Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga yang harmonis, komunikatif dan nyaman bagi remaja.
• Remaja pandai memilh teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan komunitas mana remaja harus bergaul.

        Demikian pidato yang dapat saya sampaikan lebih kurangnya saya mohon maaf sebesar-besarnya akhir kata wabilahitaufik walhidayah.

No comments:

Post a Comment

 

Pilih Bahasa

Most Reading

Stats